Investment

time-to-invest-300x200

Masa muda adalah masa jayajayanya ngegas pool kerjaan, apalagi yang budjang, karir, prestasi, kepercayaan, (dan untuk sebagian orang) kejar setoran.

Apasih yang gak bisa dilakukan?

Tapi nanti kalo udah mulai masuk kepala 4, perlahan muncul konsekwensinya, macem asam urat, jantung, hipertensi, kalo yang belom kawin pusing jawab pertanyaan tiap kumpul keluarga, keluarga yang apatis, anak-anak generasi gadget…. dan permasalahan lain yang gak semuanya bisa diselesaikan hanya dengan jabatan dan tabungan 😛

Dan layaknya orang-orang medioker standar kayak gue. Yang kemampuannya cuma sebatas dengkul, pola investasi standar nya yaa ada di agama (walaupun pada kenyataannya masih males2an ibadah, tapi gw tetep takut digebukin munkar nakir), yaa praktek ibadahnya termasuk ngejaga harta yang masuk ke kita se-(bisa mungkin)bersih, infaq-sodaqoh, dan banyak ngaji, solat dimesjid tiap weekend (karena kalo weekday suka males turun ke mesjid bawah), baca quran walaupun cuma 1-2 ayat tok, itupun di hp (abis itu langsung ngaskus..hehhehe)

dan kesehatan, dikasih batuk-batuk cuma sebulan lebih dikit dan turun berat badan 4 kilo (gara2 sakit looh, bukan diet) aja udah pucet2 berasa dicabut nikmatnya, karena males olahraga, yaa perbanyak jalan kaki dan bergerak, pola makan diatur jangan kebanyakan goreng2an, termasuk bebek samino…hehehhe, banyakin minum biar ga asam urat.

Keluarga juga, gw udah banyak utang ke giska selama ditinggal di indralaya 2 tahun, ditambah lagi kerja di jakarta, ninggalin anak2, jadi sabtu-minggu semakin sakral buat gue tidur, eh…. bercengkrama sama anak2 dan istri (tentunyaah). Maksud gue gini, anak2 adalah aset paling berharga yang ga cuma bisa dipuasin sama materi (walaupun pada kenyataaannya kita kerja juga buat anak), ngajak ngobrol, ngajak main, walau cuma sebentar, ngajak ke mesjid (walaupun nggak solat cuma main2 doang), rebutan es krim, ngajak jalan2 ke indomart walaupun jatahnya cuma beng-beng, ikatan emosional perlahan2 muncul dan mereka bisa merasakan adanya sosok ayah….cielaaa, udah mah gue tipe orang yang males nelp anak2 kalo udah hari kerja, paling mentok ke emaknye. Bagaimanapun gue masih pengen punya anak2 yang ga kuper, boleh lah pelajaran sekolahnya gak pinter2 amat, asal mereka tumbuh jadi anak sholeh, takzim sama orang tua dan punya temen banyak dimana2, pake motor kalo udah punya SIM, bisa rajin sholat di masjid, dan gak jadi asosial,  pinter dan kerjaan bagus itu bonus, menurut gue, sisanya biar mereka survival di dunia yang kejam di masa depan…hehehe

Kerjaan gak bakal pernah ada habisnya, seiiring dengan maisyah yang menyertai, asalkan kita tetap amanah dan bisa dipercaya. Gue belajar banyak setelah kerja di Jakarta, belajar fokus kerjaan, konsentrasi dan ga ceroboh, tahan emosi gak meledak2, belajar gak ceplas-ceplos. Tapi tetep aja badan yang ringkih ini juga tetap harus dijaga ga cuma abis di kerjaan juga. Sebagian orang ada yang kerja dengan orientasi setoran, dan ada orientasi jabatan, ada yang geje kayak gue juga, ada juga kerja dijadikan kerjaan sambilan… nah bingung kan lu? ada yang salah?? nggak juga…. apalagi yang kejar jabatan, terkadang di dunia birokrasi ini, harus ada orang yang konsentrasi penuh hidupnya di kerjaan, menyelamatkan sistem biar berjalan lancar, caranya… yaa jadi pejabat yang menjabat, dan akhirnya jadi regulator yang baik.

Tentu semua pilihan ada konsekwensi, jadi pegawai medioker.. ya mentok2 jalan ditempat karirnya, penghasilan biasa2 aja, solusinya, paling hardskill yang ditambah kalo mau nambah maisyah…. yaa belajar lagi, buka buku lagi,
Tapi dibalik itu, gue mungkin masih punya kesempatan gede pengen nikmatin ngaji tiap malem di mesjid sebelah, solat bisa tepat waktu, gak sakit2an, keluarga yang sehat, dan anak2 yang tumbuh seperti yang gw harapkan.

Leave a comment